Jumat, 30 November 2012

pengertian URL dan pembagiannya


PENGERTIAN URL DAN PEMBAGIANYA
Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web.
Konsep URL memungkinkan untuk penanggulangan URL umum dari HTTP URI di World Wide Web . URL memungkinkan kontrol pihak ketiga atas kedua resolusi URL dan penyediaan sumber daya metadata.
URL adalah hanya sebuah alamat sumber daya di World Wide Web. Sebuah URL Persistent adalah sebuah alamat di World Wide Web yang menyebabkan pengalihan lain sumber daya Web. Jika sumber daya Web perubahan lokasi (dan karenanya URL), sebuah PURL menunjuk ke dapat diperbarui. Seorang pengguna PURL selalu menggunakan alamat Web yang sama, meskipun sumber daya tersebut mungkin telah pindah. PURLs dapat digunakan oleh penerbit untuk mengelola ruang informasi mereka sendiri atau oleh pengguna Web untuk mengelola mereka, sebuah layanan PURL adalah independen dari penerbit informasi. Layanan PURL sehingga memungkinkan manajemen integritas hyperlink. Integritas Hyperlink adalah sebuah desain trade-off dari World Wide Web, tetapi mungkin sebagian dipulihkan dengan memungkinkan pengguna sumber daya atau pihak ketiga untuk mempengaruhi di mana dan bagaimana resolve URL.
Sebuah karya URL sederhana dengan menanggapi HTTP GET permintaan mengembalikan respon tipe 302 (setara dengan kode status HTTP 302, yang berarti "Ditemukan"). Tanggapan berisi "Location" HTTP header, nilai yang merupakan URL yang klien kemudian harus mengambil melalui HTTP GET request baru.
URL  menerapkan salah satu bentuk identifier gigih untuk sumber daya virtual. Lain skema identifier persisten termasuk Identifier Obyek Digital (DOI), Biologi Identifier (LSIDs) dan INFO URI . Semua skema identifikasi terus-menerus memberikan pengidentifikasi unik untuk (mungkin berubah) sumber daya virtual, tetapi tidak semua skema memberikan kesempatan kurasi. Kurasi sumber daya virtual telah didefinisikan sebagai, "keterlibatan aktif dari para profesional informasi dalam manajemen, termasuk pelestarian, dari data digital untuk penggunaan masa depan." [2]
PURLs telah dikritik karena kebutuhan mereka untuk menyelesaikan URL, sehingga mengikat PURL ke lokasi jaringan. Lokasi jaringan memiliki beberapa kelemahan, seperti pendaftaran Domain Name System dan dependensi tuan rumah. Kegagalan untuk menyelesaikan PURL bisa menyebabkan sebuah negara ambigu: Ini tidak akan jelas apakah PURL gagal diselesaikan karena kegagalan jaringan dicegah atau karena tidak ada. [3]
PURLs sendiri adalah URL yang valid, sehingga komponen mereka harus memetakan ke spesifikasi URL. Bagian Skema memberitahu program komputer, seperti web browser, protokol yang digunakan saat menyelesaikan alamat. Skema yang digunakan untuk PURLs umumnya HTTP. Bagian host memberitahu server yang PURL untuk menyambung ke. Bagian berikutnya, domain PURL, analog dengan jalur sumber daya dalam URL. Domain adalah ruang informasi hirarki yang memisahkan PURLs dan memungkinkan untuk PURLs untuk memiliki pengelola yang berbeda. Satu atau lebih pengelola yang ditunjuk dapat mengelola setiap domain PURL. Akhirnya, nama PURL adalah nama PURL sendiri. Domain dan nama bersama-sama merupakan PURL itu "id".

Jenis URL

Jenis yang paling umum dari PURLs diberi nama bertepatan dengan kode respon HTTP yang mereka kembali. Tidak semua kode respon HTTP memiliki jenis PURL setara. Beberapa kode respon HTTP (misalnya 401, tidak sah) memiliki arti yang jelas dalam konteks percakapan HTTP tetapi tidak berlaku untuk proses pengalihan HTTP. Tiga jenis tambahan PURLs ("chain", "parsial" dan "clone") diberi nama mnemonic yang berkaitan dengan fungsi mereka.
Jenis
PURL Arti
HTTP Arti
301
Pindah secara permanen ke URL target
Pindah secara permanen
302
Sederhana redirection ke URL target
Ditemukan
Rantai
Redirect ke PURL lain dalam server yang sama
Ditemukan
Sebagian
Redirect ke URL target dengan informasi jalan membuntuti ditambahkan
Ditemukan
303
Lihat URL lainnya
Lihat Lainnya
307
Sementara redirect ke URL target
Sementara Redirect
404
Sementara hilang
Tidak Ditemukan
410
Hilang secara permanen
Mati
Clone
Salin atribut dari PURL ada
N / A
URL kebanyakan disebut "URL sederhana", yang memberikan pengalihan ke sumber daya yang diinginkan. Kode status HTTP, dan karenanya jenis URL, dari URL sederhana adalah 302. Maksud dari URL 302 adalah untuk menginformasikan Web klien dan pengguna akhir yang URL harus selalu digunakan untuk mengatasi sumber daya yang diminta, bukan URL akhir diselesaikan. Hal ini untuk memungkinkan resolusi lanjutan dari sumber daya jika perubahan URL. Beberapa operator lebih memilih untuk menggunakan URL tipe 301 (menunjukkan bahwa URL akhir harus ditangani dalam permintaan masa depan).
Sebuah URL jenis "chain" memungkinkan URL untuk mengarahkan ke yang lain URL secara identik dengan pengalihan 301 atau 302, dengan perbedaan bahwa server URL akan menangani pengalihan internal untuk efisiensi yang lebih besar. Efisiensi ini berguna ketika pengalihan banyak mungkin, karena beberapa browser Web akan berhenti pengalihan berikut sekali batas yang ditetapkan ditemui (dalam upaya untuk menghindari loop).
Sebuah URL tipe "303" digunakan untuk mengarahkan klien ke sumber daya Web yang menyediakan informasi tambahan mengenai sumber daya yang mereka minta, tanpa kembali sumber daya itu sendiri. Kehalusan ini berguna ketika URL HTTP yang diminta digunakan sebagai pengidentifikasi untuk objek fisik atau konseptual yang tidak dapat diwakili sebagai sumber informasi. URLs tipe 303 yang paling sering digunakan untuk mengarahkan ke metadata dalam format serialisasi dari Kerangka Deskripsi Sumber Daya dan memiliki relevansi untuk Semantic Web dan Linked data konten. Ini menggunakan kode status HTTP 303 adalah conforment dengan http-range-14 temuan dari Kelompok Teknik Arsitektur dari World Wide Web Consortium .
Sebuah URL tipe "307" menginformasikan pengguna bahwa sumber daya sementara berada di URL yang berbeda dari norma. PURLs jenis 404 dan 410 catatan bahwa sumber daya yang diminta tidak dapat ditemukan dan menyarankan beberapa informasi untuk mengapa begitu. Dukungan untuk HTTP 307 (Temporary Redirect), 404 (Not Found) dan 410 (Gone) kode respon disediakan untuk kelengkapan.
URL jenis "404" dan "410" yang diberikan untuk membantu administrator dalam menandai URL yang memerlukan perbaikan. URL jenis ini memungkinkan untuk indikasi lebih efisien kegagalan sumber daya identifikasi ketika sumber daya sasaran telah pindah dan pengganti yang cocok belum diidentifikasi.
URL jenis "clone" yang digunakan hanya pada masa pemerintahan URL sebagai metode yang mudah menyalin catatan URL ada ke dalam URL baru.


































Tidak ada komentar:

Posting Komentar